Categories

8 Makanan Khas Daerah Bandung yang Pastinya Lezat dan Penuh Gizi

makanan khas daerah bandung

Bandung merupakan kota kembang, begitu julukannya. Selain indah dan memiliki banyak tempat wisata, ternyata ada beberapa makanan khas daerah Bandung yang pastinya lezat dan penuh gizi. 

Kota yang merupakan ibu kota provinsi Jawa Barat ini memang memiliki banyak makanan olahan tradisional maupun modern yang wajib dicoba. Penasaran akan apa saja makanan khas daerah Bandung yang nikmat? 

Pada artikel ini, kami akan membahas berbagai makanan khas daerah Bandung yang nikmat dan terutama bisa dibuat sendiri di rumah. Yuk, baca artikel kami hingga selesai, ya!

8 Jenis Makanan Khas Daerah Bandung yang Menyehatkan 

Cukup banyak kuliner Bandung yang wajib dicoba karena rasanya sangat enak dan menyehatkan. Berikut ini beberapa jenis makanan khas daerah Bandung yang wajib kamu coba : 

1. Nasi Kalong (Nasi Kelelawar) 

Salah satu makanan khas daerah Bandung yang tidak akan kamu temui di daerah lainnya yaitu Nasi Kalong atau Nasi Kelelawar. Hmm..kira-kira faktor apa yang menyebabkan hidangan ini dinamakan seperti itu, ya? 

Perlu kamu tahu, kalong dalam bahasa Jawa berarti kelelawar. Kelelawar berwarna hitam, begitu juga dengan hidangan nasi yang satu ini. Nasi Kalong memiliki warna hitam, yang memang dibuat seperti itu. 

Hidangan yang satu ini umumnya didampingi dengan aneka lauk seperti rendang, telur, abon, ayam, dan lain sebagainya. Hidangan khas Bandung yang satu ini sangat unik, dan hanya dijual di daerah Riau, Bandung. 

2. Baso Cuankie 

Berikutnya, makanan khas daerah Bandung lainnya yang juga sangat direkomendasikan yaitu Baso Cuankie. Jenis kuliner yang satu ini sudah banyak sekali dijual di pinggir-pinggir jalan kota kembang. Bahkan, banyak juga yang menjual menu ini menggunakan gerobak. 

Baso Cuankie atau yang sering disebut Cuankie saja merupakan makanan yang memang hampir mirip seperti baso. Makanan ini berkuah gurih dan kaldunya sedikit lebih bening dari menu baso biasanya. 

Penjual Cuankie yang terkenal di daerah Bandung yaitu yang berlokasi di Jalan Serayu. Kamu bisa menikmati menu Cuankie ini dengan sambal, yang pastinya akan membuat rasanya semakin nikmat. 

3. Oncom 

Bandung juga punya oncom sebagai salah satu makanan khas daerahnya. Oncom khas Bandung umumnya dijadikan sayur tumis bersama leunca. Nah, oncom sebenarnya sangat lezat dan bergizi, lho. 

Oncom merupakan jenis makanan yang terbuat dari kacang yang dicampur dengan bahan ragi, dan memiliki warna mentahan yaitu oranye. Jenis olahan ragi yang satu ini memiliki tekstur seperti tempe, dan terbuat dari bahan dasar berupa kacang tanah. 

Makanan khas daerah Bandung yang satu ini bisa diolah menjadi berbagai jenis masakan yang enduls atau lezat, lho. Bahkan, oncom juga bisa sekedar digoreng begitu saja seperti tempe, dan dimakan menggunakan nasi hangat. 

4. Rujak Cuka 

Berikutnya, makanan khas daerah Bandung lainnya yang sangat direkomendasikan yaitu rujak cuka. Bila diperhatikan, jajanan yang satu ini tidak jauh berbeda dari rujak buah atau rujak sayur lainnya. Namun dari segi kuahnya, ternyata rujak cuka memiliki tekstur yang berbeda. 

Rujak ini memiliki isian toge, mangga muda, dan berbagai isian lain yang identik dengan isian rujak biasanya. Kuahnya mengandung lebih banyak cuka dan teksturnya lebih cair, sehingga terasa sangat ringan ketika di lidah. Rujak yang satu ini begitu direkomendasikan bagi kamu yang ingin mencicipi cita rasa Bandung. 

Rujak cuka cocok bagi kamu yang kurang suka sambal rujak yang terlalu kental. Cita rasanya asam manis, dan rasa cocolan sambalnya agak berbeda dari sambal rujak biasanya. Harga rujak cuka tidak terlalu mahal, kok. Bahkan tidak jauh berbeda dari harga rujak biasa. 

5. Peyeum Bandung 

Jika mampir ke Bandung, tidak afdhol rasanya jika tak membeli Peyeum Bandung. Makanan khas daerah Bandung yang satu ini digadang-gadang sebagai salah satu kuliner khas yang rasanya mirip seperti tape. Kamu harus bawa oleh-oleh Peyeum Bandung ke kotamu jika ingin membawa pulang makanan khas kota kembang. 

Peyeum Bandung adalah makanan populer yang terbuat dari fermentasi beras ketan. Bentuknya identik lonjong dan panjang, identik dengan bentuk singkong. Hal ini disebabkan ada juga Peyeum Bandung yang terbuat dari bahan singkong yang telah dicampur dengan ragi agar mudah terfermentasi. 

Harga dari produk Peyeum Bandung sendiri tidak terlalu mahal, lho. Kamu bisa dengan mudah menemukannya di berbagai titik wilayah Bandung, sebab banyak sekali yang menjualnya di kota ini. Rasanya yang unik dan lezat menjadikan Peyeum Bandung menjadi buah tangan populer yang tak tergantikan.

6. Colenak 

Sudah puas menikmati cita rasa Peyeum Bandung yang original? Ini saatnya bagimu untuk menikmati Colenak, salah satu olahan Peyeum Bandung yang dibakar terlebih dahulu. Peyeum yang dibakar akan melunak dan agak gosong, lalu ditaburkan dengan parutan kelapa dan juga gula merah. 

Colenak sendiri merupakan modifikasi dari menu Peyeum, yang berupa versi modern dari olahan Peyeum itu sendiri. Di Bandung, ada tempat pembuatan Colenak yang legendaris, yaitu ada di Colenak Pak Murid, Bandung. Tempat pembuatan Colenak yang satu ini menggunakan resep turun temurun, lho. 

Rasa dari Colenak sendiri cukup manis karena ada lelehan gula merah yang ditambahkan pada hidangan tersebut. Harga dari produk yang satu ini juga cukup terjangkau. Pastikan untuk menyantap hidangan yang satu ini ketika hangat, ya. 

7. Bageur 

Mungkin bagi orang yang berdomisili di luar Bandung kurang mengenal menu makanan ini. Bageur merupakan salah satu makanan khas daerah Bandung yang merupakan paduan dari bakpau dan burger. Unik, bukan? 

Bageur merupakan salah satu hidangan asli Bandung yang sangat patut dicoba. Penjual Bageur yang terkenal ada di daerah Antapati atau Jalan Lombok. Hidangan yang satu ini berisi daging yang cukup tebal, disertai dengan lalapan dan saus lengkap yang membuatnya semakin nikmat. 

Bentuk Bageur hampir sama seperti burger seperti biasanya, namun rotinya berasal dari daging bakpau. Umumnya, Bageur disajikan dalam bentuk warna-warni yang menarik hati. Jangan khawatir, pewarna yang digunakan untuk mewarnai Bageur Bandung adalah pewarna makanan yang sudah dijamin aman pemakaiannya. 

8. Lotek 

Berikutnya, Lotek juga menjadi salah satu makanan khas daerah Bandung yang harus kamu cobain. Dataran Sunda, khususnya Bandung, pasti sudah sangat akrab dengan makanan yang terbuat dari berbagai macam isian sayuran yang satu ini. Uniknya, sayuran yang menjadi isian Lotek dicampur dengan sambal kacang. 

Lotek merupakan jenis hidangan yang mirip dengan Karedok dari Jakarta maupun Pecel dari Jawa Timur. Akan tetapi, isian sayuran yang digunakan untuk membuat Lotek berbeda dari kedua jenis hidangan tersebut. Biasanya, Lotek akan diberi campuran kencur dan diberi tambahan bahan berupa kentang rebus. 

Umumnya, Lotek bisa disantap dengan lontong. Selain itu, hidangan khas daerah Bandung yang satu ini juga bisa dinikmati bersama dengan kerupuk serta bawang goreng. Harganya sangat terjangkau, dan porsinya juga cukup banyak. Kamu harus cobain!

Baca lainnya : Jajanan Kekinian

Itulah ke-8 makanan khas daerah Bandung yang sangat direkomendasikan bagi pembaca. Yuk, cobain semua makanan khas Bandung yang telah kami sebutkan di atas!