Bulan Ramadhan untuk Istiqomahkan Diri Dekat dengan Allah


Oleh: Irsan Pebri Maulana

(Mahasiswa Prodi Kesejahteraan Sosial Fisip Unpas)

Bentar lagi kita tiba di bulan yang sangat baik yaitu bulan ramadhan, tulisan ini dibuat untuk menjawab apa sih makna bulan Ramadhan untuk diri sendiri? Menurut saya sendiri, di bulan ramadhan memiliki berbagai macam makna sih mulai dari memperbaiki diri untuk lebih baik di bulan bulan sesudah ramadhannya. Namun kali ini saya melihat situasi dan kondisi di negara kita karena adanya sebuah wabah yang disebut COVID19 ini saya mengambil makna mengajaki stiqomah untuk selalu dekatd enganAllah dilihat dari Faktanya sebelum wabah ini merebak masih banyak masyarakat yang lupa terhadap Allah dengan melanggar perintah dan larangannya, mungkin Allah ini mengirimkan wabah ini supaya kita ingat dengana tau sebagai peringatan agar kita tidak lupa bahwa kita ini diciptakan oleh Allah dan setiap yang mencipta pasti menurunkan aturannya juga dan aturannya juga harus diikuti segala perintah dan larangannya, nah, dengan adanya bulan Ramadhan ini adalah sebuah momentum untuk kita mendekatkan diri kepada Allah sebagai rasa syukur kita telah diciptakannya dengan sempurna. Bagaimana sih cara mendekatkan diri dengan Allah?

Dalam hadits yang diriwayatkan oleh Imam Ibnu Khuzaimah Rasulullah SAW bersabda, “Siapa saja yang mendekatkan diri kepada Allah dengan perbuatan baik (sunnah) pada bulan Ramadhan, (ia diganjar pahala) sama seperti menunaikan suatu kewajiban (fardlu) pada bulan yang lain. Siapa saja yang menunaikan kewajiban (fardlu) di bulan Ramadlan, (ia diganjar pahala) sama dengan orang yang mengerjakannya 70 kali kewajiban tersebut di bulan yang lain. “Dalam riwayat lain Rasulullah SAW juga bersabda. “Segala amal kebajikan anak Adam dilipatgandakan pahalanya dengan 10 hingga 700 kali lipat. Allah berfirman: ‘kecuali puasa, puasa itu untuk Ku dan Aku (sendiri) yang akan mem-berikan pahala kepadanya. Dia telah mening-galkan syahwat dan makan minum lantaran Aku.” (HR.Muslim).

Nah dari hadist tersebut saya sebagai penulis, marilah kita gunakan bulan Ramadhan kali ini dengan amalan kebaikan seperti membaca Al-Qur’an, dzikir, sebagai pengemban dakwah jangan lupa untuk berdakwah dan juga amalan baik lainnya. Semoga setelah kita mendekatkan diri di bulan ramadhan dengan Allah, di bulan setelah Ramadhan kita selalu istiqomah dalam mengerjakan amalan baik untuk mendekatkan diri dengan Allah.

nusantarachannel

Nusantara Channel adalah media online yang terpercaya dan kreatif bagi kalangan Milenial di Nusantara #milenialmembaca

nusantarachannel has 81 posts and counting. See all posts by nusantarachannel