Categories

Hikmah di Balik Puasa Ramadhan, Ingat 9 Hal Ini

Hikmah di Balik Puasa Ramadhan

Saat bulan Ramadhan telah tiba, maka umat muslim wajib untuk melakukan ibadah puasa Ramadhan. Tidak hanya akan meningkatkan kualitas diri dan keimanan saja. Akan tetapi, banyak sekali hikmah di balik puasa Ramadhan ini yang bakal kamu dapatkan.

Sebenarnya ibadah puasa sendiri sudah ada ketika Nabi Adam As, dimana saat itu dilakukan puasa ayyamul bidh. Ibadah ini pun akhirnya diteruskan sampai Nabi Muhammad SAW lalu hingga sekarang ini.

Dalam menjalani ibadah puasa, tidak hanya menahan haus dan lapar saja. Akan tetapi ada berbagai hal yang bisa kamu lakukan serius serta sepenuh hati agar mendapatkan pahala yang lebih besar.

Hikmah di Balik Puasa Ramadhan

Untuk itulah, berikut ini beberapa hikmah di balik puasa Ramadhan tersebut, antara lain:

1. Menggapai Derajat Taqwa

Allah berfirman dalam QS. Al-Baqarah ayat 183 yang artinya:

“Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa.”

Dalam ayat ini dijelaskan kalau salah satu hikmah puasa ini adalah agar kamu bisa dapatkan derajat takwa. Sebab dalam berpuasa, maka kamu pun akan melaksanakan seluruh perintah Allah serta menjauhi larangannya seperti menahan diri dari hawa nafsu.

Ada beberapa hal yang harus kamu tahu kenapa orang berpuasa bisa mencapai derajat taqwa dari Allah SWT.

Pertama, orang-orang berpuasa akan senantiasa untuk meninggalkan apapun yang Allah larang seperti meninggalkan berjima’ dengan istri, makan, minum, dan larangan puasa lainnya.

Ini semua dilakukan dalam rangka untuk mendekatkan diri kepada Allah serta meraih pahala dari Allah SWT. Nah, inilah bentuk takwa yang dimaksud.

Kemudian yang kedua, berpuasa juga selalu menjaga sikapnya dengan baik seperti melakukan berbagai kesenangan duniawi yang ada. Akan tetapi, karena mereka tahu Allah selalu mengawasi diri mereka.

Terakhir, saat berpuasa maka setiap orang pun akan semangat untuk lakukan amalan ketaatan. Sedangkan ketaatan adalah jalan untuk mencapai takwa.

2. Mulai Beranjak Jadi Lebih Baik

Pada bulan Ramadhan, tentu saja seluruh umat muslim seharusnya menjauhi segala macam bentuk maksiat agar puasa kamu tidak akan sia-sia. Selain itu, supaya kamu tidak hanya akan mendapatkan lapar dan dahaga saja.

Hal ini diungkapkan oleh Rasulullah SAW dalam sabdanya:

“Betapa banyak orang berpuasa namun tidak mendapatkan dari puasanya tersebut kecuali rasa lapar dan dahaga saja.”

Jika seperti ini maka puasa pun akan menjadi sia-sia. Padahal seharusnya dalam bulan ramadhan ini kamu harus menjaga diri dari perbuatan buruk apapun. Termasuk juga seperti menggibah, dimana Rasulullah SAW bersabda:

“Barangsiapa yang tidak meninggalkan perkataan dusta malah mengamalkannya, maka Allah tidak butuh dari rasa lapar dan haus yang dia tahan.”

Oleh sebab itulah, saat bulan Ramadhan telah datang maka sudah seharusnya setiap insan untuk berubah jadi lebih baik ketimabng tahun sebelumnya.

3. Membuat Seseorang Lebih Qanaah

Qanaah merupakan sikap rela atau menerima takdir yang telah diberikan Allah SWT. Misalkan saja, seperti suasa pandemic membuat kita tidak bisa pulang kampung, salat berjamaah di masjid, ataupun beraktivitas lain seperti biasanya.

Maka dengan berpuasalah, akan membuat kita menjadi pribadi yang lebih bersyukur serta merasa cukup untuk segala sesuatu yang sudah diberikan oleh Allah SWT.

Baca juga: Persiapan Menyambut Ramadhan, Kamu Wajib Lakukan 8 Hal Ini!

4. Latihan untuk Mengontrol Hawa Nafsu

Hikmah di balik puasa Ramadhan selanjutnya adalah bisa membantu kamu dalam mengontrol hawa nafsu. Saat sedang menjalankan ibadah puasa, maka lebih baik habiskan saja waktu untuk melakukan hal-hal yang positif agar selalu menciptakan kebaikan serta kebahagiaan di dunia dan akhirat.

Nah, dalam hal ini puasa bisa menjadi benteng bagi diri kamu untuk mencegah perbuatan maksiat terjadi. Selama berpuasa pun, semua umat muslim diminta agar menjaga hawa nafsu serta melindungi diri dari godaan apapun.

5. Membuat Kita Bisa Saling Berbagi

Dari bulan yang penuh berkah ini, maka juga akan membuat kita jadi lebih sering untuk saling berbagi. Dengan adanya rasa lapar, seperti tidak minum dan makan seharian maka diharapkan ini mampu membuat seseorang agar berempati dan peka akan orang yang kurang mampu.

Oleh sebab itu, alangkah baiknya bagi kamu untuk berikan sembako kepada orang-orang yang kurang mampu, menyantuni anak yang sudah yatim piatu, dan sebagainya.

6. Puasa Bermanfaat untuk Kesehatan Jasmani

Baik itu kesehatan jasmani maupun rohani, akan senantiasa kamu dapatkan setelah mengerjakan puasa di bulan Ramadhan ini. Dengan kamu berpuasa, maka kebutuhan rohani seperti mendekatkan diri kepada Allah pun segera terpenuhi.

Lalu secara jasmaninya, sistem pencernaan dalam tubuh pun selama sementara waktu juga akan beristirahat. Disamping itu, puasa juga akan memberikan kesempatan untuk keluarkan semua kotoran dan zat berbahaya dalam tubuh.

7. Meninggalkan Kesenangan Dunia

Keutamaan menjalani puasa di bulan Ramadhan adalah mampu membuat seseorang untuk meninggalkan apa yang hanya menajadi kesenangan duniawinya saja.

Apabila seseorang sudah merasa kalau dirinya berada di titik itu, maka artinya mereka berhasil untuk mengembalikan jiwanya.

Disamping itu, ketika berpuasa seseorang pun akan cenderung sibuk untuk memikirkan hal-hal baik dan juga mengingat Allah SWT.

Jadi disaat kamu sudah berhasil untuk meninggalkan kesenangan duniawi sejenak, itu artinya kamu sudah mampu mengendalikan diri sendiri.

8. Melatih Hidup Lebih Sederhana

Pernahkah kamu merasa kalau sebenarnya di bulan puasa ini, maka uang yang akan dikeluarkan dari dompet jauh lebih sedikit ketimabg hari biasanya?

Benar sekali, hal ini karena orang berpuasa hanya akan minum dan makan saja pada waktu berbuka dan sahur saja. Apabila sudah kenyang, maka mungkin saja kamu tidak akan berpikir untuk pesan kembali minuman dan makanan tersebut.

9. Ikut Merasakan Penderitaan Orang yang Kurang Beruntung

Hikmah puasa Ramadhan terakhir yang ada pada artikel kali ini adalah ikut merasakan penderitaan orang-orang yang kurang beruntung dari kamu secara faktor ekonomi. Sebab kamu ikut berpuasa untuk menahan lapar.

Jadi kamu merasakan apa saja yang saudara kita rasakan, rasa yang seperti ini pastinya akan membuat kamu merasa lebih empati dan simpati pada mereka. Hal ini pastinya akan membuat derajat kamu meningkat di mata Allah SWT.

Demikianlah penjelasan singkat tentang hikmah di balik puasa Ramadhan. Semoga setelah kamu mengetahui hikmah puasa tersebut bisa membuat kamu semakin khusyuk dalam menjalankan ibadah puasa.