4 Masker Alami Pembasmi Jerawat


Jerawat seringkali bikin bete dan nggak pede. Terlebih mencari obat jerawat yang ampuh terkadang sulit sekali. Bahkan yang manjur bagi orang lain, belum tentu cocok di kulit kita. Sebagai alternatif, kamu bisa membuat masker alami hanya dengan bahan-bahan rumahan. Cek dapur kamu. Jika terdapat bahan-bahan sebagai berikut, kamu sudah bisa mendapatkannya. Yuk, cek resepnya!

Madu
Masker madu sebagai bahan alami pembasmi jerawat termasuk banyak yang merekomendasikan. Madu mampu melindungi bakteri baik yang ada di kulit sekaligus memacu proses pemulihan kulit dari jerawat.

Baca juga: ‘Bu Cinta’ Apresiasi Langkah Dakwah Persistri Jabar Di Tengah Pandemi

Sebagaimana dilansir alodokter.com, madu sebagai masker jerawat bisa dimulai dengan menyampurkan 3 sendok makan madu dengan satu sendok makan kayu manis. Lalu simpan ke dalam microwave selama 30 detik, lalu diamkan sebentar. Setelah mendingin sedikit, oleskan masker pada wajah secara merata. Biarkan 10 menit, kemudian bilas hingga bersih.

Putih Telur
Putih telur tidak cuma membantu mengurangi peradangan pada jerawat, tetapi juga dapat mengencangkan kulit dan mengontrol produksi minyak pada kulit. Untuk mendapatkan manfaat putih telur sebagai masker jerawat, kamu cukup hanya mengoleskan putih telur ke area yang berjerawat, lalu diamkan selama 10 menit. Setelah itu, bilas dengan air hingga bersih.

Masker Lidah Buaya dengan Kunyit atau Teh Hijau
Mengutip dari sehatq.com, Kamu bisa menyampurkan gel lidah buaya dengan bahan lain, seperti kunyit dan teh hijau. Kombinasi ini dapat dicoba untuk mengatur minyak serta kulit yang sensitif. Balurkan kombinasi masker alami ini di wajah, dan tunggu sepanjang 15- 20 menit, lalu basuh sampai bersih.

Masker Kayu Manis dan Madu
Kayu manis tidak cuma melezatkan hidangan. Bahan ini juga kaya akan molekul antioksidan – molekul yang dipercaya dapat membasmi jerawat. Madu dan kayu manis pun dikatakan mampu untuk melawan bakteri dan mengurangi peradangan, yakni dua faktor yang bisa memicu jerawat.

Untuk membuatnya, Anda dapat mengikuti langkah-langkah berikut.

  • Campurkan 2 sdm. madu dan 1 sdt. kayu manis bubuk.
  • Balurkan ke wajah yang sudah dibersihkan, dan biarkan selama 10-15 menit.
  • Terakhir, basuh wajah lalu tepuk-tepuk hingga kering.

Semoga bermanfaat, selamat mencoba.

Irfan Saeful Wathon

| Tim Editor

Irfan Saeful Wathon has 34 posts and counting. See all posts by Irfan Saeful Wathon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *