Tips Olahraga Saat Puasa


Olahraga bukanlah pantangan dalam puasa. Justru dengan tetap berolahraga, Anda akan merasa lebih bugar selama puasa. Namun, Anda juga harus bisa memahami kondisi tubuh sendiri. Alih-alih ingin tetap bugar, yang didapat justru dehidrasi, ini jangan sampai terjadi. Atau sebaliknya, karena takut lemas dan jadi batal puasa, banyak orang merasa enggan untuk melakukan olahraga saat berpuasa.

Berikut adalah tips-tips yang patut diperhatikan ketika hendak berolahraga saat berpuasa.

Sesuaikan Jenis Olahraga

Banyak ahli yang menyarankan olahraga dengan intensitas rendah hingga sedang seperti berjalan kaki atau bersepeda. Hindari olahraga dengan intensitas yang terlalu tinggi seperti berlari dan angkat beban. Olahraga berat hanya boleh dilakukan sekitar 30-60 menit sebelum berbuka puasa.

Baca juga: Tetap Produktif Ketika Puasa, Siapa Takut?

Menentukan Waktu yang Tepat

Banyak yang menganggap bahwa waktu terbaik berolahraga adalah setelah berbuka puasa. Namun, seperti yang dilansir dari Kompas.com, dr. Saptawati Bardosono mengatakan bahwa olahraga bisa juga dilakukan 30-60 menit menjelang berbuka karena mendekati waktu makan (Kompas.com – 29/06/2014). Jadi, energi yang digunakan saat berolahraga dapat segera tergantikan saat berbuka puasa.

Menjaga Asupan Nutrisi

Makanan yang dikonsumsi harus seimbang antara karbohidrat, protein, lemak, dan serat. Konsumsilah makanan yang mengandung karbohidrat kompleks. Karbohidrat kompleks dicerna lebih lambat, sehingga akan membuat Anda merasa kenyang lebih lama. Di samping itu, nutrisi ini dapat memberikan cadangan energi yang tinggi selama berpuasa. Makanan yang termasuk sumber karbohidrat kompleks adalah biji-bijian, kacang-kacangan, gandum, nasi merah, dan sayuran.

Untuk memperbaiki jaringan otot yang lelah saat berolahraga, Anda perlu mengonsumsi makanan tinggi protein, seperti telur, daging, dan ikan. Hindari makanan dengan lemak jenuh, misalnya gorengan, serta makanan yang terlalu manis.

Banyak Minum Air Putih Agar terhindar dari dehidrasi, dianjurkan untuk mencukupi kebutuhan cairan dengan mengonsumsi air putih minimal 2 liter sehari. Anda bisa mencukupinya dengan pola 2-4-2, yaitu 2 gelas saat sahur, 4 gelas saat berbuka, dan 2 gelas sebelum tidur. Untuk menjaga keseimbangan elektrolit, Anda dapat mengonsumsi air kelapa saat berbuka puasa.

Irfan Saeful Wathon

| Tim Editor

Irfan Saeful Wathon has 34 posts and counting. See all posts by Irfan Saeful Wathon